Senin, 20 April 2015

Memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa root

Bagi kalian yang memiliki smartphone keluaran terbaru sekarang ini, mungkin sebenarnya hal tersebut sudah bukan lagi menjadi masalah. Nah utk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal tersebut kami bisa mengakalinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dgn cara begitu, kita bisa menyimpan lebih banyak aplikasi & mempunyai penyimpanan yg lebih. Ada beberapa cara tidak susah utk memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik dgn cara memindahkan aplikasi itu secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dgn syarat smartphone kami harus sudah di root.

Jika ketika ini kalian sedang bingung bagaimana Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, berikut ini Aplikasi Android Blog akn memberikan langkah demi langkah utk Cara Gampang Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card.




Cara Pertama Dgn Cara Manual

Masuk ke menu Setting

Lalu pilih Aplikasi

Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yg ingin kami pindahkan ke memori eksetrnaal, serta tekan tombol Move to SD card.

Move to SD card

Cara Kedua Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara diatas ngga bisa, Cara yang paling mudah utk memindah aplikasi Android ke eksternal SDCard, kita dapat pakai aplikasi gratis yang dapat di download langsung pada Playstore namanya Link2SD. Pada aplikasi Link2SD ini mempunyai fungsi utama yaitu dapat memindahkan banyak data & aplikasi dari internal memori ke external memory dgn cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yang terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory.

Sebelum melanjutkan langkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yg hrs dipenuhi supaya cara ini bisa diterapkan pada smartphone android kami yaitu:

Perangkat smartphone android kami hrs telah berstatus root, bila belum diroot, sobat dpt mencari langkah-langkah roting android menurut type smartphone android sobat di google

Memori Ekternal (SDCard) harus telah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard kita harus dipartisi menjadi 2 bagian, kami dapat mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, kalian dpt mengerjakan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau dpt langsung melakukan partisinya melalui smartphone kalian, untuk cara partisi pada SDCard, Dapat Sampean baca posting tentang Cara Mudah Partisi Micro SD Card Android Dgn Link2SD Tanpa PC.

Jika persyaratan diatas sudah kalian lakukan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD dibawah ini:

Silahkan download serta install aplikasi Link2SD melalui Google Playstore.

Jalankan aplikasi Link2SD. Bila muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Ketika pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang kamu gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang telah kamu lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu kamu akn diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart serta jalankan kembali Link2SD.

Setelah tersebut langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yg mau di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda bisa langsung memilih semua aplikasi dgn menyentuh select all, atau anda jg bisa memilih beberapa aplikasi saja dgn mencentangnya yang ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tak akan bisa dipindahkan.

Bila sudah selesai memilih aplikasi yang mau dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pastikan lw mencentang ketiga menu yg muncul, lalu pilih OK.

Tunggu hingga proses selesai serta lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas lantaran data aplikasi yg anda pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dgn menyentuh softkey & pilih storage info.

Selesai. Cara Tidak Sulit Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat untuk sobat semuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar