Minggu, 15 Februari 2015

Apa Beda Internet dan Intranet

Apakah teman-teman mengetahui perbedaan antara internet dengan intranet? Tentu belom banyak yg tahu (termasuk abdi ^_^ ). Hal ini sangatlah penting diketahui oleh orang-orang IT, lantaran ialah salah satu pengetahuan dasar dalam bidang kejuruan mereka. Namun hal ini ngga bisa dijadikan alasan bagi warga awam untuk ngga mengetahui apa yg membedakan antara internet & intranet, mari kita Ulas Perbedaan Internet dan Intranet

Internet




Internet ialah hubungan antara perangkat komputer dengan beragam tipe yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dgn melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, dan lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking.

Dalam internet, digunakan protokol berupa TCP/IP untuk mengatur komunikasi serta integrasi. Keduanya (TCP dan IP) mempunyai fungsi umum antara lain : mengirimkan serta mengatur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute paling baik dlm proses transmisi data bahkan memberikan rute alternatif apabila ada rute yg ngga dpt digunakan. Sedangkan fungsi khusus antara keduanya yaitu TCP (Transmission Control Protocol)memiliki fungsi utk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dgn benar dan IP (Internet Protocol) memiliki fungsi mentransmisikan data antar komputer.



Adanya internet, berbagai manfaat bisa dirasakan. Proses komunikasi yg gampang diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yg cepat tanpa memakan waktu lama, dpt menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yg semakin menjamur. Serta beragam alternatif canggih yg disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, untuk menikmati berbagai fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, dibutuhkan media penyelenggara jasa internet yang biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia ialah Telkomnet Instandari Telkom, teman-teman dpt berlangganan di penyedia ISP tersebut.

Intranet

Pengertian Intranet hampir sama dengan pengertian internet, yaitu suatu jaringan komputer yg berbasis protokol TCP/IP, namun intranet biasa digunakan di dalam kegiatan internal perusahaan. Intranet dapat diartikan sebuah jaringan internet pribadi atau dengan kata lain intranet merupakan internet yang dimiliki dlm sebuah organisasi. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, & klien dan juga server. Komponen protokol yg sering digunakan ialah Protokol HTTPdan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP).

Antar intranet dpt saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dalam satu jaringan intranet. Intranet dapat dikeluarkan ke publik jika suatu organisasi menghendakinya. Hal ini disebut ekstranet, dmn ekstranet ialah kegiatan mengekspose sebagian dari jaringan komputer intranet suatu organisasi ke luar organisasinya, sehingga dpt diakses oleh publik secara luas. Sebagai contoh. Saat seseorang membeli e-book dari suatu e-toko, maka org itu sudah mengakses sebagian intranet dari e-toko tersebut. Organisasi yang menghendaki ekstranet, dapat melakukan kontrol pengaksesan terhadap jaringan intranet mereka menggunakan firewall.Firewall merupakan sebuah piranti lunak / keras yg berfungsi utk mengatur (me-manage) akses seseorang ke dlm intranet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar